Makalah
Media Audio dan
Audio Visual
Diajukan untuk memeuhi salah satu tugas terstruktur
dari mata pelajaran
Media pembelajaran
Di susun oleh:
Atika Meliani : 2313.003
Putri Helmina :2313.023
Syahriani Fitri :2313.030
Dozen pembimbing:
Arifmiboy S.Ag ,M.pd
Fakultas Tarbiah
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Institut Agama Islam
Negri Sjech Jamil Jambek Bukittinggi
Tahun Pelajaran
2015
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta
hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penyusun dapat
menyelesaikan makalah mata kuliah ''MEDIA AUDIO dan AUDIO VISUAL”. Kemudian
shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang
telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan
umat di dunia.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Media Pembelajaran
dijurusan pendidikan bahasa inggris Fakultas tarbiah pada Institut Agama Islam Negri sjech Ahmad jamil
djambek Bukittinggi. Selanjutnya peyusun mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada Bapak Arifmiboy, S.Ag M.P selaku dosen pembimbing mata
kuliah media pembelajaran dan kepada
segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan
makalah ini.
Akhirnya penulis
menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah
ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari
para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bukittinggi,
27 maret 2015
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dalam media
pembelajaran terdapat media audio Dan audio visual.
Media audio adalah dalam proses pembelajaran merupakan suatu bahan atau media
yang mengandung pesan bentuk auditif (pita suara atau cakram suara) yang dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, sehingga terjadi
proses belajar mengajar. Media audio visual adalah merupakan media perantara
atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran
sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Untuk mengetahui lebih jelas tentang
media audio Dan audio visual peyusun akan membahasnya dalam makalah ini.
1.2 Rumusan masalah
1.
Apa pengertian media audio Dan audio visual?
2.
Apa
saja jenis jenis dan bentuk media audio dan audio visual dalam pembelajaran?
3.
Apa
saja fungsi dan manfaat media audio dan audio visual?
4.
Apa
saja kekuranagan dan kelebihan media audio Dan audio visual dalam pembelajaran ?
1.3 Tujuan
1.
Untuk
mengetahui pengertian Dari media audio Dan audio visual.
2.
Untuk
mengetahui jenis jenis Dan bentuk media audio visual.
3.
Untuk
mengetahui fungsi dan mafaat media audio dan audio visual
4.
Untuk
mengetahui kelemahan Dan kelebihan media audio Dan audio visual.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian media audio dan audio visual
1.
Pengertian Media Audio
Media audio
yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan
disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kedalam
kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal. Beberapa jenis media yang termasuk
dalam kelompok ini adalah radio, dan alat perekam pita magnetik.
Yang dimaksud dengan Media Dengar (Media Audio)
adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran
saja. Pada penggalan ini berturut-turut dibahas Media Dengar yaitu Radio
Rekaman Suara (Audio Cassete Tape Recorder). media pembelajaran, adalah
suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam
dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil perekaman tersebut
diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat
pemutarnya.
Media Audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah
media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang –
lambang auditif, baik verbal ( ke dalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.
Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) Media Audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar – mengajar.
Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) Media Audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar – mengajar.
2. Pengertian media audio visual
Media
audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media
ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media
auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah
alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam
situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan
pengetahuan, sikap, dan ide.
Media
audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak
dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan
obyek aslinya. (Sanaky, 2010:105).Sedangkan menurut Arsyad (2002:94) media
berbasis audio visual adalah media visual yang mengandung penggunaan suara
tambahan untuk memproduksinya. Kalau media visual hanya berupa buku, charts,
grafik, gambar, dan sebagainya, tetapi media berbasis audio visual adalah media
yang ditambah dengan suara sehingga media ini akan lebih berkesan terhadap
siswa.
Selain itu Sudjana dan Rivai (2003: 58 )
mengemukakan bahwa media audio visual adalah sejumlah peralatan yang dipakai
oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap
oleh indera pandang dan pendengaraBerdasarkan pengertian-pengertian yang telah
diberikan, maka media audiovisual adalah media penyalur pesan dengan
memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan
B. Jenis-jenis dan bentuk media audio dan audio visual
1. Media
Audio
a) Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk
mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian
dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan
sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup
efektif.
Kelebihan Radio :
- Harganya lebih murah
- Mudah di bawa-bawa
- Mudah digunakan
- Dapat meransang imajinasi anak
- Siswa dapat memusatkan perhatian pada bunyi.
- Dapat menyajikan laporan seketika ( on the spot)
Kelemahan radio :
- Sifat Kommunikasi satu arah ( one way communication )
- Siarannya disentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrol.
- Integrasi siaran radio yang bersifat mendidik jarang di temukan
b) Kaset-Audio
Yang dibahas disini khusus kaset audio yang sering digunakan di sekolah.
Keuntungannya adalah merupakan media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan
peraw
c) Perekam pita magnetik
Perekam pita magnetik adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat
diabaikan untuk menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya. Ada dua
macam rekaman dalam alat perekam pita magnetik ini, yaitu sistem : “full track
recorder” dan “double track recorder”.atan murah. Alat perekam magnetik atau
tape recorder adalah salah satu alat elektronik yang mampu merekam suara secara
manual dan merupakan salah satu media yang memiliki peranan yang sangat penting
dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. Alat ini sangat cocok digunakan
sebagai media pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.
Macam
– macam alat penyimpanan File Audio antara lain :
1. Piringan Hitam (PH)
Alat penyimpan file audio ( modern ) yang pertama ditemukan adalah piringan
hitam. Ia memiliki pena bergetar yang berfungsi untuk menghasilkan bunyi/suara
dari sebuahdisc. Alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam adalah
Gramophone.
2. Kaset
2. Kaset
Kaset adalah alat penyimpan file audio yang berbentuk pita kaset. Setiap
pita kaset mampu menyimpan file audio yang berdurasi sekitar 1 jam di setiap
sisinya. Kualitas suaranya cukup baik. Penurunan kualitas suara dapat terjadi
jika pita kaset rusak, jamuran, kotor dan lain-lain. Alat untuk memutar kaset
bisa berupa radio tape, tape deck atau bisa juga diputar dengan menggunakan
walkman.
3. CD dan
DVD
CD ( Compact Disc ) dan juga DVD ( Digital Compact Disc ) adalah sebuah
media penyimpanan
file audio yang dibuat untuk merampingkan system penyimpanannya. Selain ramping, keduanya memiliki
kemampuan menyimpan file yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pita kaset.
Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus. Kualitas suara akan menurun
atau bahkan hilang jika permukaandisc tergores, kotor, berjamur atau mengalami
kerusakan lainnya. Alat yang diperlukan untuk memutar CD atau DVD audio adalah
CD player dan atau DVD player.
4. (MP3)
4. (MP3)
MP3 merupakan salah satu bentuk (format) penyimpanan file audio digital
yang dianggap popular saat iini. Disamping ukuran filenya yang lebih kecil, MP3
juga memberikan kualitas suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan CD
audio. alat untuk memutar MP3 adalah MP3 player. Selain itu MP3 juga bisa
diputar dengan iPod. iPod adalah salah satu merk dari serangkaian alat pemutar
media digital yang dirancang, dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Computer.
5. Audio Digital (WAV)
WAV atau Waveform audio format, merupakan salah satu format penyimpanan
file audio yang dirancang dan dikembangkan oleh microsoft dan IBM. Perangkat
yang diperlukan untuk memutar WAV salah satunya adalah iPod.
iPod merupakan salah satu merk sebuah alat pemutar WAV yang dikeluarkan
oleh Aplle Computer. Microsoft juga mengeluarkan produk sejenis yang bisa
digunakan untuk memutar WAV maupun MP3, dengan merk Zune.
Kelebihan Alat Perekam Pita
Magnetik :
- Mempunya fungsi ganda yang efektif.
- Playback bisa digunakan setelah rekaman selesai.
- Pita rekaman dapat digunakan berulang-ulang tampa mempengaruhi volume.
- Progaram kaset dapat menyajikan kegiatan baru.
- Rekaman dapat dihapus secara otomatis dari dan pita nya dapat dipakai kembali
- Progaram kaset dapat memberikan evisiensi dalam pengajaran bahasa
2.
Media Audio-Visual
Media audio visual diam:
1.
Film bingkai
Adalah
suatu film yang berukuran 35 mm, dibungkus bingkai yang berukuran 2 X 2 inci,
dan terbuat dari karton atau plastik.
Kelebihan
I.
Dapat digunakan secara serentak
II.
Dapat menghasilkan keseragaman pengamatan.
III.
Film bingkai berada di bawah kontrol guru.
IV.
Mudah menyimpannya.
V.
Dapat
megatasi ruang waktu dan indra.
VI.
Dapat menjadi media yang efektif
VII.
Sederhana, murah dan Mudah diperbaiki.
Kekurangan
I.
Film bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas
mudah hilang jika penyimpanan kurang baik
II.
Hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam.
III.
Penggunaan program memerlukan ruangan yang gelap.
IV.
Lebih mahal biayanya
Media
audio visual
gerak :
a) Media video
Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak
dikembangkan untuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.
Kelebihan media audio
- Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
- Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
- Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
- Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
b) Media computer
Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain
mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan
secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan
internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta
menyediakan sumber belajar yang hampir tanpa batas.
c) Televisi
Televisi dalam pengertiannya berasal dari dua kata, yaitu tele (bahasa Yunani), yang berarti jauh, dan visi
(bahasa Latin), berarti penglihatan. Television (bahasa
Inggris)bermakna melihat jauh. Kata melihat jauh mengandung makna bahwa gambar
yang diproduksi pada satu tempat (stasiun televisi) yang dapat dilihat di tempat
lain melalui sebuah perangkat penerima yang disebut televisi minitor atau
televisi set.
Televisi suatu perlengkapan elektronik yang pada
dasarnya sama dengan gambar hidup yang terdiri dari gambar dan suara. Dengan
demikian peranan TV baik sebagai gambar hidup atau radio yang dapat menampilkan
gambar yang dapat dilihat dan menghasilkan suarayang dapat didengar pada waktu
yang sama
Kelebihan :
- Setiap mata pelajaran dapat di TV kan.
- Menambah wawasan
- Mudah untuk didapat.
- Sifatnya langsung dan nyata.
Kelemahan :
- TV hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
- Tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
- Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
- Layar pesawat TV tidak mampu menjangkau kelas besar
- siswa bisa jadi bersikap pasif selama penayangan
d) Video –VCD
Gambar bergerak yang disertai dengan unsur suara dan
dapat ditayangkan melalui medium video dan compact
disk (VCD). Sama seperti medium audio, program video yang disiarkan (broadcasted) sering digunakan oleh
lembaga pendidikan jarak jauh sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran.
Video dan televisi mampu menayangkan pesan pembelajaran secara realistik. Video
memiliki beberapa features yang
sangat bermanfaat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu features tersebut adalah slow motion di mana gerakan obyek atau
peristiwa tertentu yang berlangsung sangat cepat dapat diperlambat agar mudah
dipelajari oleh pembelajar. Slow motion adalah
kemampuan teknis untuk memperlambat proses atau peristiwa yang berlangsung
cepat. Video dan VCD dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari obyek dan
mekanisme kerja dalam pelajaran tertentu.
Media video – VCD, sebagai media pembelajaran memiliki
karakteristik sebagai berikut:
I.
Gambar bergerak, yang disertai dengan
unsur suara
II.
Dapat digunakan untuk sekolah jarak
jauh
III.
Memiliki perangkat slow motion untuk memperlambat proses
atau peristiwa yang berlangsung.
Dalam upaya pemanfaatan video
dalam proses pembelajaran, hendaknya kita memperhatikan beberapa hal berikut :
- Program video harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu contohnya adalah apakah media video untuk tujuan kognitif dapat diguakan untuk hal-hal yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan memberikan rangsangan berupa gerak yang serasi.
- Guru harus mengenal program video yang ada dan memahami manfaatnya bagi pelajaran
- Sesudah program video di putar, harus diadakan diskusi agar siswa memahami bagaimana mencari pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan.
- Perlu diadakan tes agar mampu mengukur berapa banyak informasi yang mereka tangkap dari program video tersebut.
Media video dan VCD, sebagai media pembelajaran juga
tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, sebagai berikut:
1) Kelebihan media video dan VCD
sebagai berikut:
a) Menyajikan obyek belajar secara
kongkret atau pesan pembelajaran secara realistik, sehingga sangat baik untuk
menambah pegalaman belajar.
b) Sifatnya yang audio visual,
sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan dapat menjadi pemacu atau
memotivasi pembelajar untuk belajar.
c) Sangat baik untuk
pencapaian tujuan belajar psikomotorik.
d) Dapat mengurangi kejenuhan belajar,
terutama jika dikombinasikan dengan teknik mengajar secara ceramah dan diskusi
persoalan yang ditayangkan.
e) Menambah daya tahan ingatan atau
retensi tentang obyek belajar yang dipelajari pembelajar.
f) Portable
dan mudah didistribusikan
2) Kelemahan media video dan VCD
a) Pengadaan memerlukan
biaya mahal
b) Tergantung pada
energi listrik, sehingga tidak dapat dihidupkan di segala tempat.
c) Sifat komunikasi
searah, sehingga tidak dapat memberikan peluang untuk terjadi umpan balik.
d) Mudah tergoda untuk
menayangkan kaset VCD yang bersifat hibura, sehingga suasana belajar akan
terganggu.
e) Media sound slide (slide bersuara)
Slide merupakan media pembelajaran yang bersifat audio
visual. Secara fisik, slide suara adalah
gambar tunggal dalam bentuk film positif tembus pandang yang dilengkapi dengan
bingkai yang diproyeksikan. Penggunaannya dapat dikombinasikan dengan audio
kaset, dan dapat digunakan secara tunggal tanpa narasi.
Sebagai media pembelajaran,slide suara dapat
menyajikan gambar yang tetap dengan urutan yang tetap, sehingga menjamin
keutuhan pelajaran dan gambar tidak mudah hilang, terbalik, atau berubah urutan
jika teknik pengemasan benar dan baik.
Sound slide sebagai media pembelajaran juga memilik
kelebihan dan kelemahan, sebagai berikut:
1) Kelebihan sound slide
a) Dapat menyajikan
gambar dengan proyeksi epan maupun belakang.
b) Portable, berukuran kecil, dan mudah didistribusikan sehingga
praktis penggunaanya.
c) Dapat dikontrol
sesuai dengan keinginan pengguna, sehingga memungkinkan untuk dihentikan secara
spontan dan dapat diselingi dengan tanya jawab dan diskusi singkat.
d) Memberikan visualisasi
tentang obyek belajar seperti apa adanya atau autentik, sehingga dapat
mengkonkretkan obyek belajar bagi pembelajar.
2) Kelemahan media sound
slide
a) Pengadannya
memerlukan biaya yang mahal.
b) Untuk memproyeksikan
slide proyektor memerlukan penggelapan ruang.
c) Gambar yang disajikan
tidak bergerak (gambar mati), sehingga kurang menarik, terutama jika
dibandingkan dengan televisi dann film.
d) Tergantung pada energi
listrik, sehingga tidak dapat secara paktis dihidupkan dan diputar di segala
tempat.
e) Cukup rumit
pembuatannya, karena harus memiliki kamera foto dan memiliki keahlian fotografi
yang benar-benar mumpuni.
Perlu diketahui, bahwa media sound slide ini jarang atau
mungkin tidak pernah digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, karena
selain pengadaannya mahal juga cukup rumit untuk mengemas programnyadan juga
diperlukan keahlian pengajar dalam memotret obyek, suatu perbuatan, dan
peristiwa yang akan disajikan dalam program pembelajaran di kelas.
f) Film Gerak
Bersuara
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam
frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara
mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Arsyad (2002:49). Film merupakan alat yang ampuh untuk menyampaikan suatu maksud kepada masyarakat dan juga
anak yang lebih banyak menggunakan aspek emosinya di banding aspek
rasionalitasnya. Besarnya kegunaan media ini dapat pula dirasakan dalam dunia
pendidikan. Film adalah alat
komonikasi yang dapat membantu proses pembelajaran efektif. Karena apa yang
terpandang mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah di
ingat dari pada apa yang dapat dibaca saja atau hanya di dengar saja.
Menurut Arsyad (2002:49), film mempunyai kelebihan dan
kelemahan sebagai berikut:
1)
Kelebihan Film
- Film dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut.
- Film dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu. Misalnya, langkah-langkah dan cara yang benar dalam berwudhu.
- Di samping mendorong dan meningkatkan motivasi, film menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya. Misalnya, film kesehatan yang menyajikan proses berjangkitnya penyakit diare dapat membuat siswa paham terhadap pentingnya kebersihan makannan dan lingkungan.
- Film mengandung nilai-nilai positif yang dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa. Bahkan film, seperti slogan yang sering didengar dapat membawa dunia ke dalam kelas.
- Film dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya jika dilihat secara langsung, seperti lahar gunung berapi atau perilaku binatang buas.
- Film dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
- Dengan kemampuan dan teknik pengambilan gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan dalam waktu yang cukup singkat. Misalnya, bagaimana kejadian mekarnya kembang mulai dari lahirnya kuncup bunga hingga kuncup itu mekar.
2) Kelemahan film
I.
Pengadaan film umumnya memerlukan
biaya mahal dan waktu yang banyak.
II.
Pada saat film dipertunjukkan,
gambar-gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti
informasi yang ingin disampaikan melalui film tersebut.
III.
Film yang tersedia tidak selalu
dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan; kecuali jika film itu
dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri.
C. Fungsi dan manfaat
audio dan audio visual
a). Fungsi media audio
menurut Arsyad ( 2003 : 44
) beliau mengutip pendapat sudjana dan Rivai ( 1991 : 130 ) adalah untuk
melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan
dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapat dicapai dengan media
audio ialah berupa :
I.
Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian.
II.
Mengikuti pengarahan
III.
Melatih daya analisis
IV.
Menentukan arti dan konteks.
V.
Memilah informasi dan gagasan
VI.
Merangkum, mengingat kembali dan menggali informasi
Fungsi lain
dari Media Audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena sifatnya
hanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode
atau media lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh
pendengar yang akan membantu keberhasilan.
b). Manfaat media audio
sudjana (2005 : 129 )
menambahkan Pamamfaatan fungsi media audio dalam pengajaran terutama digunakan
dalam:
- Pengajaran musik literaty (pembacaan sajak), dan kegiatan dokumentasi.
- Pengajaran bahasa asing, apakah secara audio ataupun secara audiovisual.
- Pengajaran melalui radio atau radio pendidikan.
- Paket-paket belajar untuk berbagai jenis materi, yang memungkinkan siswa dapat melatih daya penafsirannya dalam suatu bidang studi.
c).
Fungsi media audio visual
Menurut M Sobry (2008: 102 - 103)
Bahwa ada beberapa fungsi penggunaan media dalam proses belajar mengajar, di
antaranya:
a. Menarik
perhatian siswa;
b. Membantu
untuk mempercepat pemahaman dalam proses pembelajaran;
c. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak bersifat verbalitas (dalam bentuk
kata
kata
tertulis atau lisan);
d. Mengatasi
keterbatasi ruang;
e. Pembelajaran
lebih komunikatif dan prodiktif;
f. Waktu
pembelajaran bisa dikondisikan;
g. Menghilangkan
kebosanan siswa dalam belajar;
h. Meningkatkan
motivasi siswa yang mempelajari sesuatu/menimbulkan gairah
belajar;
i. Melayani
gaya belajar siswa yang beraneka ragam, serta;
j. Meningkatkan
kadar keaktifan/keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
d).
Manfaat media audio visual
I.
dapat
melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca,
berdiskusi, praktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan
bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti
cara kerja jantung ketika berdenyut;
II.
dapat
menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang
III.
ulang
jika dipandang perlu.
IV.
Disamping
mendorong dan meningkatkan motivasi, juga menanamkan sikap dan segi-segi
V.
afektif
lainnya.
VI.
mengandung
nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok
siswa.
VII.
dapat
menyajikan eristiwa yang berbahya bila dilihat secara langsung;
VIII.
dapat
ditunjukkan kepada kelompok besar atau kecil, kelompok yang heterogen, maupun
perorangan.
IX.
menghemat
waktu ,, waktu normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan satu atau dua
menit.
D. kelemahan dan
kelebihan media audio dan audio visual
1. Audio
1)
Kelebihan
Media Audio
I.
Harga
murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
II.
Sifatnya
mudah untuk dipindahkan.
III.
Dapat
digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau
diputar kembali.
IV.
Dapat
merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya
imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
2) Kekurangan Media Audio
I.
Memerlukan
suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan
tertentu,
sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
II.
Media
audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif
adalah abstrak,
sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman
visual.
III.
Karena
abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan
penguasaan
perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
IV.
Media ini
hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah
mempunyai
kemampuan dalam berpikir abstrak.
V.
Penampilan
melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk
suara harus
disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si
penerima.
2. Audio visual
1). Kelebihan Media Audio Visual
I.
Pemakaiannya
tidak membosankan,
II.
Hasilnya
lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami.
2). Kekurangan Media Audio Visual
I.
Pelaksanaanya perlu waktu yang cukup lama
II.
Pelaksanaanya memerlukan tempat yang luas
III.
Biayanya relatif lebih mahal
IV.
Media audio visual tidak dapat
digunakan dimana saja dan kapan saja, karena media audio visual cenderung tetap di tempat
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media audio yaitu media yang berkaitan
dengan indera pendengaran.Yang dimaksud dengan Media Dengar
(Media Audio) adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera
pendengaran saja. Sedangkan Media
audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media
audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak
dan bersuara.
Jenis dan bentuk dari media audio adalah
Radio, Perekam pita magnetic, dan Kaset-Audio. Sedangkan jenis dan bentuk dari
media audio visual terdiri dari diam dan gerak. Media audio visual diam adalah Film
bingkai, dan dari media audio visual gerak adalah Media video, Media
computer, Televisi, Video –VCD, Media sound slide (slide bersuara), dan Film
Gerak Bersuara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar