Minggu, 07 Juni 2015

Media Audio dan Audio Visual



Makalah
Media Audio dan Audio Visual
Diajukan untuk memeuhi salah satu tugas terstruktur  dari mata pelajaran
Media pembelajaran
Di susun oleh:
Atika Meliani              : 2313.003
Putri Helmina              :2313.023
Syahriani Fitri             :2313.030
Dozen pembimbing:
Arifmiboy S.Ag ,M.pd
Fakultas Tarbiah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Institut Agama Islam Negri Sjech Jamil Jambek Bukittinggi
Tahun Pelajaran
2015

Kata Pengantar

             Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah mata kuliah ''MEDIA AUDIO dan AUDIO VISUAL”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
          Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Media Pembelajaran dijurusan pendidikan bahasa inggris Fakultas tarbiah  pada Institut Agama Islam Negri sjech Ahmad jamil djambek Bukittinggi. Selanjutnya peyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Arifmiboy, S.Ag M.P selaku dosen pembimbing mata kuliah media pembelajaran  dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


Bukittinggi, 27 maret 2015

Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Dalam media pembelajaran terdapat media audio Dan audio visual. Media audio adalah dalam proses pembelajaran merupakan suatu bahan atau media yang mengandung pesan bentuk auditif (pita suara atau cakram suara) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, sehingga terjadi proses belajar mengajar. Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
       Untuk  mengetahui lebih jelas tentang media audio Dan audio visual peyusun akan membahasnya dalam makalah ini.
1.2 Rumusan masalah
1.      Apa  pengertian media  audio Dan audio visual?
2.      Apa saja jenis jenis dan bentuk media audio dan audio visual dalam pembelajaran?
3.      Apa saja fungsi dan manfaat media audio dan audio visual?
4.      Apa saja kekuranagan dan kelebihan media audio Dan audio visual dalam pembelajaran ?
1.3 Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian Dari media audio Dan audio visual.
2.      Untuk mengetahui jenis jenis Dan bentuk media audio visual.
3.      Untuk mengetahui fungsi dan mafaat media audio dan audio visual
4.      Untuk mengetahui kelemahan Dan kelebihan media audio Dan audio visual.



















BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian media audio dan audio visual
       1. Pengertian Media Audio
Media audio yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal. Beberapa jenis media yang termasuk dalam kelompok ini adalah radio, dan alat perekam pita magnetik.
Yang dimaksud dengan Media Dengar (Media Audio) adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran saja. Pada penggalan ini berturut-turut dibahas Media Dengar yaitu Radio Rekaman Suara (Audio Cassete Tape Recorder). media pembelajaran, adalah suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil perekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.
Media Audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal ( ke dalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.
Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) Media Audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar – mengajar
.
      2. Pengertian media audio visual
Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.
      Media audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan obyek aslinya. (Sanaky, 2010:105).Sedangkan menurut Arsyad (2002:94) media berbasis audio visual adalah media visual yang mengandung penggunaan suara tambahan untuk memproduksinya. Kalau media visual hanya berupa buku, charts, grafik, gambar, dan sebagainya, tetapi media berbasis audio visual adalah media yang ditambah dengan suara sehingga media ini akan lebih berkesan terhadap siswa.

Selain itu Sudjana dan Rivai (2003: 58 ) mengemukakan bahwa media audio visual adalah sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera pandang dan pendengaraBerdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan, maka media audiovisual adalah media penyalur pesan dengan memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan
B. Jenis-jenis dan bentuk media audio dan audio visual
1. Media Audio

a)      Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.

Kelebihan Radio :
  1.  Harganya lebih murah
  2.  Mudah di bawa-bawa
  3.  Mudah digunakan
  4.  Dapat meransang imajinasi anak
  5.  Siswa dapat memusatkan perhatian pada bunyi.
  6.  Dapat menyajikan laporan seketika ( on the spot)

Kelemahan radio :
  1. Sifat Kommunikasi satu arah ( one way communication )
  2. Siarannya disentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrol.
  3. Integrasi siaran radio yang bersifat mendidik jarang di temukan

b)     Kaset-Audio
Yang dibahas disini khusus kaset audio yang sering digunakan di sekolah. Keuntungannya adalah merupakan media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan peraw   
c)   Perekam pita magnetik
Perekam pita magnetik adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat diabaikan untuk menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya. Ada dua macam rekaman dalam alat perekam pita magnetik ini, yaitu sistem : “full track recorder” dan “double track recorder”.atan murah. Alat perekam magnetik atau tape recorder adalah salah satu alat elektronik yang mampu merekam suara secara manual dan merupakan salah satu media yang memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. Alat ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.

Macam – macam alat penyimpanan File Audio antara lain :
1. Piringan Hitam (PH)
Alat penyimpan file audio ( modern ) yang pertama ditemukan adalah piringan hitam. Ia memiliki pena bergetar yang berfungsi untuk menghasilkan bunyi/suara dari sebuahdisc. Alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam adalah Gramophone.
2. Kaset
Kaset adalah alat penyimpan file audio yang berbentuk pita kaset. Setiap pita kaset mampu menyimpan file audio yang berdurasi sekitar 1 jam di setiap sisinya. Kualitas suaranya cukup baik. Penurunan kualitas suara dapat terjadi jika pita kaset rusak, jamuran, kotor dan lain-lain. Alat untuk memutar kaset bisa berupa radio tape, tape deck atau bisa juga diputar dengan menggunakan walkman.
3. CD dan DVD
CD ( Compact Disc ) dan juga DVD ( Digital Compact Disc ) adalah sebuah media penyimpanan file audio yang dibuat untuk merampingkan system penyimpanannya. Selain ramping, keduanya memiliki kemampuan menyimpan file yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pita kaset. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus. Kualitas suara akan menurun atau bahkan hilang jika permukaandisc tergores, kotor, berjamur atau mengalami kerusakan lainnya. Alat yang diperlukan untuk memutar CD atau DVD audio adalah CD player dan atau DVD player.
4. (MP3)
MP3 merupakan salah satu bentuk (format) penyimpanan file audio digital yang dianggap popular saat iini. Disamping ukuran filenya yang lebih kecil, MP3 juga memberikan kualitas suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan CD audio. alat untuk memutar MP3 adalah MP3 player. Selain itu MP3 juga bisa diputar dengan iPod. iPod adalah salah satu merk dari serangkaian alat pemutar media digital yang dirancang, dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Computer.
5. Audio Digital (WAV)
WAV atau Waveform audio format, merupakan salah satu format penyimpanan file audio yang dirancang dan dikembangkan oleh microsoft dan IBM. Perangkat yang diperlukan untuk memutar WAV salah satunya adalah iPod.
iPod merupakan salah satu merk sebuah alat pemutar WAV yang dikeluarkan oleh Aplle Computer. Microsoft juga mengeluarkan produk sejenis yang bisa digunakan untuk memutar WAV maupun MP3, dengan merk Zune.

Kelebihan Alat Perekam Pita Magnetik :
  1. Mempunya fungsi ganda yang efektif.
  2. Playback bisa digunakan setelah rekaman selesai.
  3. Pita rekaman dapat digunakan berulang-ulang tampa mempengaruhi volume.
  4. Progaram kaset dapat menyajikan kegiatan baru.
  5. Rekaman dapat dihapus secara otomatis   dari dan pita nya dapat dipakai kembali
  6. Progaram kaset dapat memberikan evisiensi dalam pengajaran bahasa

2. Media Audio-Visual

 Media audio visual diam:
1.      Film bingkai
Adalah suatu film yang berukuran 35 mm, dibungkus bingkai yang berukuran 2 X 2 inci, dan terbuat dari karton atau plastik.

Kelebihan
                   I.             Dapat digunakan secara serentak
                II.             Dapat menghasilkan keseragaman pengamatan.
             III.             Film bingkai berada di bawah kontrol guru.
             IV.             Mudah menyimpannya.
                V.            Dapat megatasi ruang waktu dan indra.
             VI.             Dapat menjadi media yang efektif
          VII.             Sederhana, murah dan Mudah diperbaiki.

Kekurangan
                   I.            Film bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas mudah hilang jika penyimpanan kurang baik
                II.            Hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam.
             III.            Penggunaan program memerlukan ruangan yang gelap.
                IV.            Lebih mahal biayanya

Media audio visual gerak :
a)      Media video
Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.
 Kelebihan media audio
  1. Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
  2. Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
  3. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
  4. Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.

b)     Media computer
Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber belajar yang hampir tanpa batas.

c)     Televisi
Televisi dalam pengertiannya berasal dari dua kata, yaitu tele (bahasa Yunani), yang berarti jauh,     dan  visi         (bahasa Latin), berarti penglihatan. Television (bahasa Inggris)bermakna melihat jauh. Kata melihat jauh mengandung makna bahwa gambar yang diproduksi pada satu tempat (stasiun televisi) yang dapat dilihat di tempat lain melalui sebuah perangkat penerima yang disebut televisi minitor atau televisi set.
Televisi suatu perlengkapan elektronik yang pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang terdiri dari gambar dan suara. Dengan demikian peranan TV baik sebagai gambar hidup atau radio yang dapat menampilkan gambar yang dapat dilihat dan menghasilkan suarayang dapat didengar pada waktu yang sama
Kelebihan :
  1. Setiap mata pelajaran dapat di TV kan.
  2. Menambah wawasan
  3. Mudah untuk didapat.
  4. Sifatnya langsung dan nyata.

Kelemahan :
  1. TV hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
  2. Tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
  3. Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
  4. Layar pesawat TV tidak mampu menjangkau kelas besar
  5. siswa bisa jadi bersikap pasif selama penayangan

d)     Video –VCD
Gambar bergerak yang disertai dengan unsur suara dan dapat ditayangkan melalui medium video dan compact disk (VCD). Sama seperti medium audio, program video yang disiarkan (broadcasted) sering digunakan oleh lembaga pendidikan jarak jauh sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran. Video dan televisi mampu menayangkan pesan pembelajaran secara realistik. Video memiliki beberapa features yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu features tersebut adalah slow motion di mana gerakan obyek atau peristiwa tertentu yang berlangsung sangat cepat dapat diperlambat agar mudah dipelajari oleh pembelajar. Slow motion adalah kemampuan teknis untuk memperlambat proses atau peristiwa yang berlangsung cepat. Video dan VCD dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari obyek dan mekanisme kerja dalam pelajaran tertentu.

Media video – VCD, sebagai media pembelajaran memiliki karakteristik sebagai berikut:
                   I.            Gambar bergerak, yang disertai dengan unsur suara
                II.            Dapat digunakan untuk sekolah jarak jauh
             III.            Memiliki perangkat slow motion untuk memperlambat proses atau peristiwa yang berlangsung.

Dalam upaya pemanfaatan video dalam proses pembelajaran, hendaknya kita memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Program video harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu contohnya adalah apakah media video untuk tujuan kognitif dapat diguakan untuk hal-hal yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan memberikan rangsangan berupa gerak yang serasi.
  2. Guru harus mengenal program video yang ada dan memahami manfaatnya bagi pelajaran
  3. Sesudah program video di putar, harus diadakan diskusi agar siswa memahami bagaimana mencari pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan.
  4. Perlu diadakan tes agar mampu mengukur berapa banyak informasi yang mereka tangkap dari program video tersebut.

Media video dan VCD, sebagai media pembelajaran juga tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, sebagai berikut:
1)   Kelebihan media video dan VCD sebagai berikut:
a)   Menyajikan obyek belajar secara kongkret atau pesan pembelajaran secara realistik, sehingga sangat baik untuk menambah pegalaman belajar.
b)   Sifatnya yang audio visual, sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan dapat menjadi pemacu atau memotivasi pembelajar untuk belajar.
c)   Sangat             baik untuk pencapaian tujuan belajar psikomotorik.
d)  Dapat mengurangi kejenuhan belajar, terutama jika dikombinasikan dengan teknik mengajar secara ceramah dan diskusi persoalan yang ditayangkan.
e)   Menambah daya tahan ingatan atau retensi tentang obyek belajar yang dipelajari pembelajar.
f)   Portable dan mudah didistribusikan

2)   Kelemahan media video dan VCD
a)      Pengadaan memerlukan biaya mahal
b)      Tergantung pada energi listrik, sehingga tidak dapat dihidupkan di segala tempat.
c)      Sifat komunikasi searah, sehingga tidak dapat memberikan peluang untuk terjadi umpan balik.
d)     Mudah tergoda untuk menayangkan kaset VCD yang bersifat hibura, sehingga suasana belajar akan terganggu.

e)       Media sound slide (slide bersuara)
Slide merupakan media pembelajaran yang bersifat audio visual. Secara fisik, slide suara  adalah gambar tunggal dalam bentuk film positif tembus pandang yang dilengkapi dengan bingkai yang diproyeksikan. Penggunaannya dapat dikombinasikan dengan audio kaset, dan dapat digunakan secara tunggal tanpa narasi.
Sebagai media pembelajaran,slide suara dapat menyajikan gambar yang tetap dengan urutan yang tetap, sehingga menjamin keutuhan pelajaran dan gambar tidak mudah hilang, terbalik, atau berubah urutan jika teknik pengemasan benar dan baik.

Sound slide sebagai media pembelajaran juga memilik kelebihan dan kelemahan, sebagai berikut:
1)      Kelebihan sound slide
a)      Dapat menyajikan gambar dengan proyeksi epan maupun belakang.
b)      Portable, berukuran kecil, dan mudah didistribusikan sehingga praktis penggunaanya.
c)      Dapat dikontrol sesuai dengan keinginan pengguna, sehingga memungkinkan untuk dihentikan secara spontan dan dapat diselingi dengan tanya jawab dan diskusi singkat.
d)     Memberikan visualisasi tentang obyek belajar seperti apa adanya atau autentik, sehingga dapat mengkonkretkan obyek belajar bagi pembelajar.

2)      Kelemahan media sound slide
a)      Pengadannya memerlukan biaya yang mahal.
b)      Untuk memproyeksikan slide proyektor memerlukan penggelapan ruang.
c)      Gambar yang disajikan tidak bergerak (gambar mati), sehingga kurang menarik, terutama jika dibandingkan dengan televisi dann film.
d)     Tergantung pada energi listrik, sehingga tidak dapat secara paktis dihidupkan dan diputar di segala tempat.
e)      Cukup rumit pembuatannya, karena harus memiliki kamera foto dan memiliki keahlian fotografi yang benar-benar mumpuni.
Perlu diketahui, bahwa media sound slide  ini jarang atau mungkin tidak pernah digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, karena selain pengadaannya mahal juga cukup rumit untuk mengemas programnyadan juga diperlukan keahlian pengajar dalam memotret obyek, suatu perbuatan, dan peristiwa yang akan disajikan dalam program pembelajaran di kelas.

f)       Film Gerak Bersuara
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Arsyad (2002:49). Film merupakan alat yang ampuh untuk menyampaikan suatu maksud kepada masyarakat dan juga anak yang lebih banyak menggunakan aspek emosinya di banding aspek rasionalitasnya. Besarnya kegunaan media ini dapat pula dirasakan dalam dunia pendidikan. Film adalah alat komonikasi yang dapat membantu proses pembelajaran efektif. Karena apa yang terpandang mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah di ingat dari pada apa yang dapat dibaca saja atau hanya di dengar saja.

Menurut Arsyad (2002:49), film mempunyai kelebihan dan kelemahan sebagai berikut:
1)      Kelebihan Film
  1. Film dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut.
  2. Film dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu. Misalnya, langkah-langkah dan cara yang benar dalam berwudhu.
  3. Di samping mendorong dan meningkatkan motivasi, film menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya. Misalnya, film kesehatan yang menyajikan proses berjangkitnya penyakit diare  dapat membuat siswa paham terhadap pentingnya kebersihan makannan dan lingkungan.
  4. Film mengandung nilai-nilai positif yang dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa. Bahkan film, seperti slogan yang sering didengar dapat membawa dunia ke dalam kelas.
  5. Film dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya jika dilihat secara langsung, seperti lahar gunung berapi atau perilaku binatang buas.
  6. Film dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
  7. Dengan kemampuan dan teknik pengambilan gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan dalam waktu yang cukup singkat. Misalnya, bagaimana kejadian mekarnya kembang mulai dari lahirnya kuncup bunga hingga kuncup itu mekar.

2)      Kelemahan film
I.            Pengadaan film umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak.
II.            Pada saat film dipertunjukkan, gambar-gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan melalui film tersebut.
III.            Film yang tersedia tidak selalu dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan; kecuali jika film itu dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri.

C. Fungsi dan manfaat audio dan audio visual
a). Fungsi media audio
menurut Arsyad ( 2003 : 44 ) beliau mengutip pendapat sudjana dan Rivai ( 1991 : 130 ) adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapat dicapai dengan media audio ialah berupa :
       I.            Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian.
    II.            Mengikuti pengarahan
 III.            Melatih daya analisis
 IV.            Menentukan arti dan konteks.
    V.            Memilah informasi dan gagasan
 VI.            Merangkum, mengingat kembali dan menggali informasi

Fungsi lain dari Media Audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena sifatnya hanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode atau media lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh pendengar yang akan membantu keberhasilan.

b). Manfaat media audio
             sudjana (2005 : 129 ) menambahkan Pamamfaatan fungsi media audio dalam pengajaran terutama digunakan dalam: 
  1. Pengajaran musik literaty (pembacaan sajak), dan kegiatan dokumentasi.
  2. Pengajaran bahasa asing, apakah secara audio ataupun secara audiovisual.
  3. Pengajaran melalui radio atau radio pendidikan.
  4. Paket-paket belajar untuk berbagai jenis materi, yang memungkinkan siswa dapat melatih daya penafsirannya dalam suatu bidang studi. 

      c). Fungsi media audio visual
             Menurut M Sobry (2008: 102 - 103) Bahwa ada beberapa fungsi penggunaan media dalam proses belajar mengajar, di antaranya:
a.      Menarik perhatian siswa;
b.      Membantu untuk mempercepat pemahaman dalam proses pembelajaran;
c.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalitas (dalam bentuk kata     
         kata tertulis atau lisan);
d.      Mengatasi keterbatasi ruang;
e.      Pembelajaran lebih komunikatif dan prodiktif;
f.      Waktu pembelajaran bisa dikondisikan;
g.      Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar;
h.      Meningkatkan motivasi siswa yang mempelajari sesuatu/menimbulkan gairah
         belajar;
i.       Melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam, serta;
j.       Meningkatkan kadar keaktifan/keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

d). Manfaat media audio visual
                   I.            dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, praktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut;
                II.            dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang
             III.            ulang jika dipandang perlu.
             IV.            Disamping mendorong dan meningkatkan motivasi, juga menanamkan sikap dan segi-segi
                V.            afektif lainnya.
             VI.            mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.
          VII.            dapat menyajikan eristiwa yang berbahya bila dilihat secara langsung;
       VIII.            dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
             IX.            menghemat waktu ,, waktu normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan satu atau dua menit.

D. kelemahan dan kelebihan media audio dan audio visual
1. Audio
1)      Kelebihan Media Audio
                   I.            Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
                II.            Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
             III.            Dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
             IV.            Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.

2)      Kekurangan Media Audio
       I.                   Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan
tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
    II.                   Media audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif
adalah abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman
visual.
 III.                   Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan
penguasaan perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
 IV.                   Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah
mempunyai kemampuan dalam berpikir abstrak.
    V.                   Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk
suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si
penerima.

2. Audio visual
1). Kelebihan Media Audio Visual
                   I.            Pemakaiannya tidak membosankan,
                II.            Hasilnya lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami.

2). Kekurangan Media Audio Visual
                   I.            Pelaksanaanya perlu waktu yang cukup lama
                II.            Pelaksanaanya memerlukan tempat yang luas
             III.            Biayanya relatif lebih mahal
             IV.            Media audio visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karena media    audio visual cenderung tetap di tempat


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Media audio yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran.Yang dimaksud dengan Media Dengar (Media Audio) adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran saja. Sedangkan Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara.

Jenis dan bentuk dari media audio adalah Radio, Perekam pita magnetic, dan Kaset-Audio. Sedangkan jenis dan bentuk dari media audio visual terdiri dari diam dan gerak. Media audio visual diam adalah Film bingkai, dan dari media audio visual gerak adalah Media video, Media computer, Televisi, Video –VCD, Media sound slide (slide bersuara), dan Film Gerak Bersuara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar