Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan
melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar.
Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide,
dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat
orang. Yang termasuk media grafis antara lain :
a. Grafik,
yaitu penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan
simbol.
b. Diagram, yaitu
gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan
timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
c. Bagan,
yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan
ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
d. Sketsa,
yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan
bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
e. Poster,
yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan
maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
f. Papan
Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau
kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
g. Bulletin
Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau
tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat
penempel lainnya.
Kelebihan Media Grafis adalah:
1. Dapat
mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
2. Dapat
dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
3. Pembuatannya
mudah dan harganya murah.
Kelemahan Media Grafis adalah:
1. Membutuhkan
keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih
kompleks.
2. Penyajian
pesan hanya berupa unsur visual.
Media cetakan dan grafis di dalam
proses belajar mengajar paling banyak dan paling sering digunakan. Media
ini termasuk kategori media visual non proyeksi yang berfungsi
untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru kepada
siswa). Pesan yangdituangkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar
dan simbol yang mengandungh arti disebut ´Media Grafis´.
Media grafis termasuk media visual
diam, sebagaimana halnyadengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk
menyalurkan pesan dari guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut
indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan
jelas. Media ini tidak termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya
bila ditimbang dari segi biaya. Fungsi dari media grafis adalah menarik
perhatian, memperjelas sajian pelajaran, danmengilustrasikan suatu fakta atau
konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan
verbal.
Jenis-jenis media grafis adalah:
1. Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran
sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal balik, terutama dengan
garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya
bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan. Berdasarkan konsep
tersebut di atas, kiranya penggunaan media diagram dalam
proses pembelajaran akan sangat membantu bagi guru maupun siswa dalam
menyimak materi pelajaran, karena pada dasarnya diagram merupakan
ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan
diuraikan. Oleh karena diagram bersifat simbolis dan abstrak, kadang-kadang sulit dimengerti untuk
dapat membaca diagram diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi
diagram tersebut walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang
padat diagram dapat memperjelas arti.
Ciri-ciri diagram yang
baik dan benar, diagram rapih dan disertai dengan keterangan yang
jelas cukup besar dan ditempatkan secara strategis penyusunannya
disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri
kekanan.
2. Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang
menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic
yang saling berhubungan (R.Warsito, 2001 : 48). Dengan berasumsi pada
pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar,
grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas
maupunkuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara
statistik.
3. Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi
yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian
orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti didalam
ingatannya (1989 : 51) .Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan
suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi.
4. Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam
bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang
didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat (1989 : 58). Dengan berasumsi
pada konsep tersebut di atas, kartun dapat digunakan sebagai alat
bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang
tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses
belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan
logis atau mendukung makna.
5. Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun
yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang
erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan
pada pembaca. (1989 : 69).
6. Gambar
Media grafis paling umum digunakan
dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti
oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual
konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak
verbalistik.
Kelebihan media ini adalah:
sifatnya konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbaldapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tuaharganya
dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya.
Kelemahannya:
Gambar/foto hanya menekankan persepsi
indera mataukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar .
7. Bagan
Bagan merupakan media yang berisi
tentang gambar-gambar keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya.
Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan
sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan,
struktur organisasi. Jenis-jenismedia bagan antara lain : Tree chart,
flow chart.
a. Bagan lambang (piktograf)
Psikologi menunjukkan bahwa orang lebih
cepat memilih bahan yang disajikan secara visual, singkat dan
jelas. Disekolah dengan berkembangnya tekhnologi alat peraga, piktograf
mendapat kedudukan yangcukup penting. Piktograf biasanya berupa gambar atau
lambang, yang memiliki suatu jumlah dari suatu sifat atau dari suatu
hal.
b. Bagan Arus
Bagan ini pada umumnya berbentuk garis
± garis dengan berpanah ,bagaikan sungai yang datang dari berbagai sumber
air dan mengalir ke satu arah untuk kemudian bertemu satu dengan
yang lain, membentuk suatu arus besar yang menuju ke suatu muara.
c. Bagan pohon
Bagan ini merupakan kebalikan dari
bagan arus. Sumbernya satu dan geraknya memencar, bercabang bagai pohon
yang mulai tumbuh dari satu , kemudian memencar menjadi cabang ± cabang
dan dahan ± dahan
Webster mendefinisikan Graphics sebagai
seni atau ilmu menggambar, terutama dalam menggambar mekanik, dalam bahasa
yunani adalah Grafhikos yang mengandung pengertian melukiskan
ataumenggambarkan garis-garis., definisi trsebut di padukan dengan pengertian
praktis, maka grafis sebagai media, kata-kata dan kata-kata
yang di gunakan sebagai judul dan penjelasan kepada grafik,
bagan diagram , poster kartun dan komik.
1. Bagan
Istilah bagan meliputi berbagai jenis
presentasi grafis seperti peta, grafis, lukisan diagram poster
dan bahkan kartun. Bagan di definisikan sebagai kombinasi antara media
grafis dan media foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis
dan teratur mengenai makna atau pokok gagasan, fungsi bagan adalah
untuk adalah untuk menunjukkan hubungan,perbandingan, jumlah
relative,perkembangan, proses dan klasifikasi dan organisasi. Contoh
daripada bagan yaitu adalah:
a. Bagan
pohon
Bagan pohon dikembangkan dari dasar
yang terdiriatas beberapa akar menuju batang tunggal, kemudian cabang
tunggal tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan , bagan ini amat
berfaidah dalam memperjelas perkembangan daripada suatu kombinasi
fakta-fakta utama.
b. Bagan
alir
Merupakan kebalikan dari bagan pohon,
sebagaimana industri mobil di amerika bergantung dari pemasaran luar
negerinya baik akan kebutuhan bahan bakunya maupun guna pemasaran
luarnegerinya. Baik untuk kebutuhan akan bahan bakunya maupun
pemasaran hasil industrinya.
c. Bagan
arus
Sebuah organisasi yang beranggotakan
pelajar atau sebuah kesatuan pemerintahan, proses pengembangan
kepemimpinan industri atau langkah-langkah darimana sebuah rencana
undang-undang yang dapat di visualisasikan dengan bagan arus atau bagan
yang cocok untuk mempertunjukkan fungsi, bagan ini merupakan bagan
arus yang memperlihatkan bagaimana suatu produksi susu murni
itu berlangsung.
d. Bagan
tabel
Satu nilai yang unik dari bagan tabel
adalah kemamapuannya dalam mempertunjukkan hubungan ,variasi dari
bagan ini termasuk tabel informasi semacam argumentasi dan sanggahan atas
pejanjian yang berlaku.
2. Grafik
Grafis dapat di devinisikan sebagai
penyajian data berangka, suatu tabel gambar yang dapat mempunyainilai informasi
yang sangat berfaedah, namun dari grafik yang menggambarkan intisari informasi
sekilas akan lebih efektif, grafik merupakan keterpaduan yang lebih
menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik, tujuan
membuat garafik adalah untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan
cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling umum di
gunakan adalah grafik-grafik garis, batang, lingkaran, atau piring
dan grafik bergambar.
a. Grafik
garis
Grafik garis adalah yang paling tepat
dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecendrungan-kecendrungan
atau menghubungkan dua rangkaian kata. Sejumlah variasi dan kombinasi dari
grafik garisdapat dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai
bentuk. Gambar.
b. Grafik
batang
Grafik batang mungkin yang paling
sederhana daripada semua grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana
sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik
ini dibuat denganmenggunakan batang sebagai gambaran kelompok data secara
vertical dan horizontal. Tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran
besarnya presentase data yang di wakilinya.
c. Grafik
lingkaran atau piring
Bilamana guru dapat menjelaskan dan
memperkenalkan tentang pecahan, maka garafik lingkatran lebih tepat di
gunakan, grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor
yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan, sebagai
contoh berikut ini adalah grafik yangmemvisualisasikan pecahan dalam
bentuk tengahan, pertigaan dan perempatan. Ada dua ciri grafik
lingkaran yaitu: 1) Grafik itu selalu menunjukkkan jumlah atau
keseluruhan jumlah. 2) Bagian-bagiannya atau segmennya di hitung dalam
presentase atau bagian-bagian pecahan keseluruhan.
Prinsip-prinsip membuat grafik
Grafik-grafik yang paling menyoroti
satu atau dua gagasan , garafik ini dipergunakan pada semua
grafik adalah adanya perbandingan atau hubungan, tanpa perbandingan dan
hubugan yang memberikan arti sedikit sekali gunanya dalam menggambarkan
statistic secara grafis. Pemakaian garafik dalam pengajaran anak-anak
pada umumnya telah belajar grafik dengan melihat grafik-grafik disurat
kabar, majalah, buku- buku pelajaran, sehingga grafik tidak di pandang
terlalu asing bagi pengalaman anak, tetapi hakikat suatu grafik adalah
penyajian ringkas. Dalam proses belajar ringkasan kwantitatif dapat
digambarkan dengan baik melalui grafik.
Sumber: (Dr. Nana Sudjana dan Drs. Ahmad
Rivai)
Penerbit : Sinar Baru Algensindo
CR: http://irwansahaja.blogspot.com/2014/10/media-grafis-dalam-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar